Gelar Swab Gratis, Diskes Makassar Siapkan 1000 Tabung Swab di 47 Puskesmas

Senin, 16 November 2020 22:30

Ilustrasi tes swab

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar terus berupaya melacak penyebaran virus corona (Covid-19). Swab massal gratis kembali dilakukan di seluruh puskesmas.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan (Yankes) Diskes Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan pihaknya telah menyediakan virus tranport media (VTM) atau tabung swab sebanyak 1000 yang masing-masing dibagi ke 47 puskesmas di Kota Makassar atau masing-masing kurang lebih memperoleh 21 alat.

“Adapun jumlah VTM yang akan digunakan sebanyak 1000 VTM yang akan dibagikan ke-47 puskesmas yang akan melaksanakan pemeriksaan RT-PCR,” katanya saat dihubungi, Senin (16/11/2020).

Dokter Ida sapaan akrabnya, mengatakan, upaya ini akan ditinjau pihaknya, mengingat adanya peningkatan jamlah kasus, swab puskesmas akan dipertimbangkan untuk dilanjutkan jika prospeknya benar-benar baik.

Mengingat metode saat ini berbeda dengan swab 15 kecamatan sebelumnya, di mana diskes melakukan swab massal dengan jumlah dan target khusus. Sementara saat ini pihaknya hanya melakukan swab sesuai kebutuhan.

“Saya mau lihat bagaimana kenaikan kasus dengan pembagian ini, kita mau lihat efektifitasnya kalau efektif kita tambah lagi kalau tidak efektif kita buka seperti biasa kayak kemarin yang massal,” katanya

Selain itu tidak ada terget waktu penyelesaian, swab diharapkan dapat rampung sehari, namun jika belum habis swab masih diperkenankan hingga esoknya. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI