Imbas Pandemi, Distribusi Pupuk ke DaerahTerhambat

Senin, 16 November 2020 18:17

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Merebaknya wabah pandemi Covid-19 tidak hanya menghambat perekonomian Sulawesi Selatan. Namun kegiatan pendistribusian pun berdampak serupa.

Terbukti, distribusi pupuk untuk disalurkan ke kabupaten di Sulsel mengalami kendala dan akses penyaluran sedikit terhambat.

“Akibat pandemi distribusi pupuk kita mengalami keterlambatan dari luar Sulawesi Selatan dan antar kabupaten,” kata Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Senin (16/11/2020).

Terkait pupuk, Nurdin mengaku keterbatasan pupuk bersubsidi hampir terjadi setiap tahun lantaran kuota yang diberikan Pemerintah Pusat semakin berkurang.

“Sehingga kami (Pemerintah Provinsi) melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan telah mengantisipasi dengan penambahan kuota sebesar 30 persen pada musim tanam ke-2 tahun ini,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi dengan mengalokasikan bantuan pupuk organik langsung ke kelompok tani yang tersebar di wilayah Sulsel.

Kendati terdapat keterbatasan, eks Bupati Bantaeng dua periode itu menuturkan persoalan tersebut akan menjadi fokus perhatian Pemerintah Sulsel.

Termasuk, kata dia, soal menurunnya kuota subsidi pupuk, bantuan benih padi dan memperbanyak bantuan alsintan. (Anti/fajar)

Bagikan berita ini:
5
8
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar