Covid-19 Serang 30 Ibu Hamil di Klaten, Begini Kondisinya

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, KLATEN — Sebanyak 30 ibu hamil di Klaten, Jawa Tengah terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala. Mereka merupakan hasil skrining maupun tracking yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.

Temuan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten itu pun langsung ditindaklanjuti dengan menggelar koordinasi bersama sembilan rumah sakit di Klaten.

“Rumah sakit yang memiliki dokter spesialis kandungan segera menindaklanjuti ibu hamil yang positif Covid-19. Mengingat mereka masuk kelompok rentan karena memiliki risiko tinggi untuk terpapar,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Klaten Anggit Budiarto seperti dikutip dari Radar Solo, Selasa (17/11).

Koordinasi dengan sembilan rumah sakit itu guna menyamakan persepsi terhadap penatalaksanakan persalinan kepada ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19. Harapannya tidak ada penolakan layanan persalinan dan tak sampai terjadi penularan ke tenaga kesehatan yang membantu persalinan.

Anggit memastikan, 30 ibu hamil positif Covid-19 itu menjalani persalinan di rumah sakit. Sebab rumah sakit dinilai memiliki sarana-prasarana memadai sehingga bisa mencegah persebaran Covid-19. Jika dipaksakan melakukan persalinan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan bidan, dikhawatirkan akan berpotensi terjadi penularan virus corona.

“Kalau di rumah sakit kan pasti ruangan isolasinya lebih bagus dan memadai. Maka itu, kami gerak cepat melakukan koordinasi dengan pihak rumah sakit pada Minggu (15/11) kemarin,” jelasnya.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR