Dosen UMI Ajari Warga Pucak Maros Cara Pakai Pestisida dengan Benar

Selasa, 17 November 2020 18:45

Dosen LPKM UMI, Ikram Hardi menjelaskan bahwa petani berisiko untuk menderita penyakit dermatitis karena melakukan penyemprotan dan pemupukan dengan menggunakan pestisida. Pestisida yang mengandung lebih dari 800 bahan aktif seperti emulsifier, surfaktan, ataupun biosida dapat menyebabkan DKI ataupun DKA.

Lanjutnya, kulit tangan, kaki dan bagian leher atau area tubuh yang terbuka pada saat melakukan penyemprotan, menjadi lokasi terpaparnya pestisida pada petani. Penyakit kulit ini dikenal dengan penakit dermatitis kontak.

“Petani yang ditemui antusias bertanya mengenai penyakit dermatitis, mulai dari penyebab, pengobatan hingga cara pencegahan penyakit dermatitis,”ucapnya.

Untuk itu salah satu cara pencegahan penyakit dermatitis dengan menghindari kontak langsung pestisida dan pupuk anorganis dengan menggunakan alat pelindung diri seperti masker, kacamata, topi, baju lengan panjang, sarung tangan dan sepatu boot.

Terakhir, tim pelaksana pengabdian membagikan APD berupa masker dan sarung tangan kepada para petani untuk dapat dipergunakan dalam melakukan penyemprotan dan pemupukan tanaman.(wis/fajar)

Bagikan berita ini:
5
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar