Konsumsi Bawang Merah, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Selasa, 17 November 2020 11:09

ILUSTRASI bawang merah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bawang merah memiliki kulit merah, hampir ungu dan daging putih dengan benang merah.

Bawang merah memiliki beberapa manfaat kesehatan dan sebagian berasal dari antioksidan.

Berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Mengobati sakit kepala

Bawang merah memiliki zat aktif analgetik dan antiperadangan sehingga bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit kepala. Cara konsumsinya bisa dijus ditambah madu.

  1. Mengatasi perut kembung

Perut kembung karena masuk angin sering dialami banyak orang. Biasanya, perut yang kembung bisa sembuh ketika diboreh dengan bawang merah yang telah dihaluskan.

  1. Cegah kanker stadium awal

Kanker stadium awal ternyata juga bisa diterapi dengan menggunakan bawang merah untuk mencegah sel kanker berkembang menjadi ganas.

  1. Menurunkan demam

Ini juga merupakan fakta karena bawang merah memiliki efek melebarkan pembuluh darah hingga panas yang terjadi di tubuh bisa turun.

  1. Kontrol gula darah

Penderita diabetes tipe dua ternyata juga bisa melakukan terapi dengan bawang merah. Ini merupakan fakta karena zat aktif yang dimiliki bawang merah bisa menormalkan gula darah. Caranya dua siung bawang merah dirajang lalu direbus ditambah dengan daun salam tujuh lembar dan air 1-2 gelas.

Bisa dikonsumsi tiap hari tiap pagi sebelum makan. Bisa juga dikombinasikan dengan obat dokter. Bawang merah juga bisa memacu produksi insulin. (genpi/jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
9
10
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar