Perubahan RPJMD Fokus Program Strategis Pemulihan Ekonomi

Selasa, 17 November 2020 15:53
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan membeberkan gambaran umum mengenai program strategis yang diakomodir pada perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan dalam perubahan RPJMD tahun 2018-2023, terdapat beberapa strategi dalam pemilihan pertumbuhan ekonomi di antaranya strategi peningkatan jangkauan dan kualitas infrastruktur wilayah, pemberdayaan usaha menengah, usaha kecil, dan usaha mikro (UMKM) dan optimalisasi peran BUMDES sebagai lokomotif perekonomian desa.

“Termasuk pengembangan komoditas sektor unggulan pada kawasan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru begitupun dengan arahan kebijakan untuk pengembangan pulau-pulau yang ada di Sulawesi Selatan,” kata Nurdin.

Sementara saat dikonfirmasi mengenai apakah APBD sudah pro terhadap rakyat, ia menjelaskan penyusunan APBD tahun 2021 disusun dengan pendekatan perencanaan sesuai amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2004.

“Yakni pendekatan politik, teknokratik, partisipastif dan top down-bottom up, sehingga muatannya adalah cerminan kebutuhan rakyat yang disesuaikan dengan kewenangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Selain sesuai dengan kebutuhan masyarakat, eks Bupati Bantaeng dua periode itu mengaku pada perubahan RPJMD, sudah dirancang untuk menciptakan kesempatan kerja, menekan angka kemiskinan dan mengurangi kesenjangan.

Ia menambahkan perubahan RPJMD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018-2023, secara normatif didasari dengan adanya perubahan arah kebijakan nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024, Peraturan Pemerintah Pusat Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang mengakibatkan perubahan struktur pendapatan dan Belanja daerah termasuk turunannya Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 dan pada tataran lokal adalah disahkannya Perda Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, yang menyesuaikan tugas pokok terhadap pelaksanaan program dalam RPJMD.

Bagikan berita ini:
5
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar