Preview Uruguay vs Brasil: Melawan Sang Penakluk

Selasa, 17 November 2020 11:30

Latihan timnas Brasil/Lucas Figueiredo/CBF

FAJAR.CO.ID, MONTEVIDEO—Uruguay akan menjamu Brasil di matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, besok pagi. Laga ini akan menjadi ujian berat Oscar Washington Tabarez melawan negara penakluknya.

Pasca kembali memimpin Uruguay pada Februari 2006, pelatih berjuluk Sang Maestro tersebut tidak pernah bisa mengalahkan Tim Samba. Di tujuh pertemuan memimpin La Celeste, hasil terbaiknya hanya berupa dua hasil imbang.

Bahkan, ketika bersua di Montevideo, skuat asuhan pelatih berusia 73 tahun itu selalu menjadi bulan-bulanan. Dalam dua laga terakhir, mereka takluk dengan skor 1-4 dan 0-4. Itu memperpanjang rekor tak pernah menang Uruguay di kandang sendiri menjadi 19 tahun.

Rentetan hasil buruk ini sangat mengherankan mengingat bagaimana hebatnya mantan guru tersebut. Tabarez selama ini dikenal sebagai salah satu pelatih yang sangat piawai mempelajari lawan-lawannya.

Makanya, laga besok pagi menjadi momentum bagi Sang Maestro untuk bisa menaklukkan Brasil, seperti yang mereka lakukan di Estadio Centenario, Montevide, 2001 silam. Saat itu, Uruguay menang 1-0 atas Selecao di Kualifikasi Piala Dunia 2002 yang berlangsung 1 Juli 2001.

Menyongsong laga ini, pasukan Sang Maestro berbekal kemenangan 3-0 di kandang Kolombia, akhir pekan lalu. Dalam pertandingan itu, tiga gol Uruguay dilesakkan Edinson Cavani, Luis Suarez, dan Darwin Nunez.

Bagi Uruguay, itu adalah kemenangan bersejarah. Untuk kali pertama, La Celeste mampu menang di Barranquilla setelah sebelumnya mereka menelan tiga kekalahan dan imbang tiga kali. Dan, Tabarez menegaskan bahwa rekor-rekor seperti ini memang harus ia ubah.

Komentar