Ferdinand Hutahaean ke Ridwan Kamil: Tak Perlu Lari dari Kenyataan, Jadi Sowan?

Rabu, 18 November 2020 13:54

Ferdinand Hutahaean (FOTO: @ferdinand_hutahaean/instagram)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kerumunan yang terjadi di Bogor oleh masa yang menyambut kedatangan Habib Rizieq Shihab di Megamendung dalam acara Maulid Nabi.

Namun, Ridwan Kamil punya alasan. Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, bahwa izin acara tersebut berada di kepala daerah setempat atau bupati Bogor. Berbeda halnya dengan Provinsi DKI Jakarta yang bisa langsung mengambil tindakan.

“Pertama, izin acara itu diskresi boleh tidaknya bukan wilayah gubernur karena provinsi di republik ini, di luar Jakarta, punya hierarki pemerintahan yang namanya bupati dan wali kota terpilih” jelas Emi, Selasa kemarin.

“Maka setiap ada hal teknis diskresinya ada di Wali Kota dan Bupati,” sambung dia.

Menanggapi itu, eks Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean punya pandangan lain. Dia bilang, Emil selaku Gubernur seharunya punya kebijkana di atas kebijakan Bupati dan Wali Kota.

“Mil, anda itu Gubernur yang bisa mengambil kebijakan di atas kebijakan Bupati dan Wali Kota di luar kebijakan yang menjadi hak Bupati bersama DPRD seperti APBD,” ujar Ferdinand Hutahaean.

Dia menilai, Ridwan Kamil punya hak memeberikan teguran apabila ada pelanggaran dalam protokol kesehatan.

“Soal ijin-ijin sprt ini, Anda punya hak menegur, mengarahkan. Tak perlu lari dari kenyataan. Jadi Sowan?” kata Ferdinand.

Komentar


VIDEO TERKINI