Ketua PGRI Sulsel Tawarkan UU Perlindungan Guru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Selatan, Prof Hasnawi Haris hadir sebagai pemateri dalam acara Seminar Pendidikan dalam rangka sambut Hari Guru Nasional, Rabu (18/11/2020).

Salah satu yang ditekankan Prof Hasnawi dalam materinya adalah Indonesia saat ini membutuhkan yang namanya Undang-undang Perlindungan Guru, agar wibawa guru selalu terjaga.

"Hari ini kita butuh lembaga yang mengelola Perda UU Perlindungan Guru, sehingga jika terjadi sesuatu di sekolah, bukan lagi orang tua siswa yang datang tapi lembaga inilah yang menyelesaikan persoalan ini," ujarnya.

Selain itu, Prof Hasnawi menambahkan salah satu tugas guru di era digital, yakni selalu update dengan isu kekinian, kolaborasi berbagai pihak, memanfaatkan media sosial sebaik-baiknya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNM itu memaparkan bahwa hari ini kita hidup seperti berenang di tengah lautan kode.

"Awalnya, pendidik maju untuk memancing ingin tahun. Kemudian, pendidik beralih ke samping sebagai teman mengalami. Akhirnya pendidik mundur untuk memberi apresiasi sepenuh hatu meskipun mereka harus tetap multitalent," ucapnya.

Tak hanya sampai di situ, Guru Besar Ilmu Hukum itu mengatakan, bahwa siswa saat ini lebih membutuhkan tips praktis cenderung lebih disukai, memanfaatkan teknologi, berikan contoh relevan, dan memberikan tugas proporsional.

Tak hanya Ketua PGRI, dalam acara tersebut hadir juga Wakil DPRD Provinsi Sulsel, Darmawansyah Muin yang juga ikut membincang potret pendidikan Sulawesi Selatan saat ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan