Musim Hujan Bertepatan Fenomena La Nina, BMKG Makassar Minta Masyarakat Waspada

Rabu, 18 November 2020 16:08

BMKG Makassar. (ILUSTRASI)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Makassar, Hanafi Hamza menyampaikan, bahwa saat ini Sulawesi Selatan sudah memasuki masa transisi menuju musim hujan.

Namun, musim hujan kali ini akan disertai dengan fenomena alam yang disebut La Nina, yang mengakibatkan jumlah curah hujan menjadi bertambah. Sehingga masyarakat harus waspada.

“Musim hujan kali ini harus kita waspadai, karena bertepatan dengan terjadinya fenomena alam yang namanya La Nina. Jadi La nina itu telah kita pantau di pasifik ekuator, mulai dari sebelah barat Amerika, sampai Indonesia. Hasilnya pasifik ekuator tersebut suhu muka lautnya mendingin, jadi yang hangat bergeser ke maritim continent, atau Indonesia,” ujar Hanafi Hamza, Rabu (18/11/2020).

Menurutnya, kondisi ini diperkirakan akan terus bertahan sampai akhir tahun, bahkan hingga April 2021.

“Ini yang kami perkirakan akan bertahan terus sampai pergantian tahun. Bahkan memasuki tahun baru akan eksis, mungkin sampai bulan April 2021,” jelasnya.

Adapun akibat dari fenomena La Nina ini, membuat peningkatan curah hujan mencapai 20 hingga 40 persen, tergantung fenomena perubahan cuaca di wilayah masing-masing.

“Karena bertepatan dengan musim hujan, dapat memicu hujan yang lebih lebat, sekitar 20-40 persen dari normalnya. Jadi jika di suatu wilayah itu misalnya curah hujan yang jatuh itu 1000 mm, itu akan menambah akumulasi, menjadi sekitar 1200-1400 mm, ini yang harus kita waspadai,” terangnya.

Komentar


VIDEO TERKINI