Elektabilitas Appi-Rahman Ancam Adama, Pakar: Suara Swing Voters Berpengaruh Besar di Hasil Akhir

Kamis, 19 November 2020 15:50

Pilwalkot Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kurang dari tiga pekan, perhelatan akbar pesta demokrasi kota Makassar 2020 bakal dihelat. Berdasarkan hasil survei yang telah dirilis ke publik, pasangan nomor urut 01, Danny-Fatma tampak unggul dari ketiga rivalnya.

Sayangnya meski unggul, elektabilitas paslon berakronim ADAMA itu terus merosot dari waktu ke waktu. Faktanya, dari tiga lembaga riset menunjukan calon petahana itu mengalami kemerosotan elektabilitas hingga 3% atau dari 41,9% merosot ke 38,5%.

Sementara rival terberatnya, Appi-Rahman menunjukkan trend positif dimana elektabilitasnya terus meroket hingga menyentuh angka 13% atau dari 17,8% meroket ke 30%.

Berdasarkan hasil tersebut, Pengamat Politik Universitas Hasanuddin Sukri Tamma dalam pengamatannya mencatat, dari berbagai strategi dan upaya yang dilakukan oleh para kandidat hanya kandidat nomor urut 1 dan 2 yang nampaknya mendapatkan respon yang lebih baik.

Hal ini bukan berarti apa yang ditawarkan oleh kandidat 3 dan 4 itu kurang, tapi ini lebih ke sikap masyarakat yang nampaknya lebih tertarik pada dua paslon ini sampai saat ini.

Sehingga di sisa waktu yang sangat singkat ini, keempat kandidat ‘dipaksa’ untuk berlari kencang meraih simpatik masyarakat hingga ke tingkat paling bawah sekalipun.

“Dengan sisa waktu yang kurang dari 3 minggu ini, maka mau tidak mau kandidat-kandidat akan lebih mengintensifkan kerja-kerja timnya,” kata Sukri kepada fajar.co.id, Kamis (19/11/2020).

Komentar