Hadirkan Penggilingan Beras Modern, Pemprov Siapkan Lahan Hibah 5 Hektar

Kunjungan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ke Pinrang

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menyiapkan lahan hibah sekitar 5 Hektar untuk pengadaan fasilitas pabrik penggilingan beras modern atau Modern Rice Milling Plant (MRMP).

Rencananya, pengadaan fasilitas pengolahan padi menjadi beras ini didirikan di dua daerah yakni Luwu Utara dan Luwu Timur.

“Bulog ini saya minta membangun rice processing di Luwu Utara dan di Luwu Timur. Kita juga udah serahin hibah lahan hampir 5 hektar,” ucap Nurdin.

Menurutnya, pengadaan penggilingan padi tersebut digadang-gadang menjadi fasilitas terbaik pertama di Provinsi Sulsel.

Terkait anggaran, eks Bupati Bantaeng itu mengaku, pihaknya telah menganggarkan kurang lebih Rp85 miliar.

Sementara, Kepala Bulog Divre Sulselbar, Eko Pranoto mengatakan hingga kini yang baru menunjukkan perkembangan yaitu Pemerintah Daerah Luwu Utara.

Lantaran, saat ini khusus di Luwu Utara sudah dalam proses hibah lahan antara Pemda Lutra ke Bulog.

“Hibah ini untuk dasar kantor Bulog Pusat mengadakan lelang pengadaan MRMP. Jadi tunggu proses hibah dulu tapi untuk dasar lelang,” ungkap Eko saat dikonfirmasi, Kamis (19/11/2020).

Dirinya menyebut masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemda Lutra. Sedangkan untuk Pemerintah Daerah Luwu Timur belum ada kegiatan yang terealisasi.

Terkait lahan, ia menuturkan khusus untuk di Lutra, pengadaan lahannya mencapai 4 hektar dengan kapasitas pabrik beras 120 ton per hari.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR