Jadi Narsum Talkshow Kementerian PAN-RB, IDP Paparkan Strategi Layanan Publik di Masa Pandemi

Kamis, 19 November 2020 20:41

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA — Indah Putri Indriani (IDP) menjadi satu-satunya narasumber (narsum) pada Talkshow Ruang Publik Kantor Berita Radio (KBR) yang digagas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bekerjasama dengan GIZ Transformasi, Kamis (19/11/2020).

Talkshow ini juga disiarkan ke 100 stasiun radio luar negeri. Kick off talkshow dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 10.00 WIB. Talkshow dipandu oleh Swarahma Diena. Pada kesempatan itu, IDP yang juga Bupati Luwu Utara yang saat ini cuti karena ikut Pilkada 2020, memaparkan strategi pelayanan publik yang ia terapkan di Luwu Utara selama masa pandemi Covid-19 dan juga pasca-banjir bandang.

IDP mengatakan, secara umum pemerintah daerah selaku pemberi layanan wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat selaku penerima layanan dalam kondisi apapun. “Pada prinsipnya, kami selaku pemberi layanan harus memastikan masyarakat tetap mendapatkan pelayanan meski dalam kondisi sesulit apa pun, termasuk di masa pandemi ini,” jelas IDP.

Olehnya itu, kata dia, sebagai pemberi layanan, pemerintah harus menyiapkan diri untuk memastikan pelayanan tersebut tetap berjalan baik. Pertama, sebut dia, pemerintah harus memberikan kepastian bahwa pemberi layanan dalam kondisi sehat, terutama bagi layanan yang memerlukan interaksi secara langsung. Kedua, lanjut dia, pemerintah harus mengedukasi masyarakat untuk tidak khawatir mendatangi tempat-tempat pelayanan publik.

Komentar