Soal Anggaran Stadion Mattoanging, Junaedi: Skema Pinjaman dari PT SMI Paling Siap

Kamis, 19 November 2020 18:04

Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Junaedi

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Sumber anggaran pembangunan ulang Stadion Mattoanging hingga kini belum jelas. Pemprov Sulsel punya dua opsi, melalui APBN murni atau pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Junaedi mengatakan sejauh ini untuk anggaran konstruksi belum diketahui angka pastinya.

Untuk pendanaan, ia mengatakan terdapat dua opsi yakni dari APBN murni dan PT SMI melalui skema pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hanya saja, dari dua opsi tersebut, PT SMI dinilai lebih siap dan menyakinkan dalam pencairan dana untuk kandang PSM tersebut. Pasalnya, lanjut Junaedi, PT SMI telah membiayai beberapa tahapan yang dilalui seperti Detail Engineering Desain (DED) stadion.

“Dalam waktu dekat setelah ada draft final dari DED yang ada, akan kita sampaikan ke PT SMI terkait besaran kebutuhan alokasi,” ucap Junaedi, Kamis (19/11/2020).

Sementara saat dikonfirmasi terkait estimasi anggaran yang digunakan stadion tersebut, Junaedi mengaku bisa mencapai Rp1 triliun.

Kendati untuk memperoleh Rp 1 triliun itu, Pemprov Sulsel tetap mendorong penganggaran melalui APBD pokok 2021. Dengan melakukan pembahasan bersama Badan Anggaran DPRD Sulsel.

Sebagaimana diketahui, tahun ini Pemprov Sulsel mengalokasikan anggaran Rpb200 miliar, namun tidak terserap sepenuhnya. Anggaran yang terealisasi baru diangka Rp 0 miliar lebih. Pengeluaran tersebut hanya untuk dokumen perencanaan dan lingkungan.

Bagikan berita ini:
5
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar