Derita Asam Lambung, Ini 3 Cara untuk Mencegahnya


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jutaan orang pernah mengalami asam lambung dan mulas. Perawatan yang paling sering digunakan melibatkan obat-obatan komersial, seperti omeprazole.

Namun, modifikasi gaya hidup mungkin juga efektif. Hanya dengan mengubah kebiasaan makan atau cara Anda tidur bisa mengurangi gejala mulas dan refluks asam secara signifikan, sehingga meningkatkan kualitas hidup.

Berikut ini beberapa cara mudah cegah asam lambung, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Hindari makanan pemicu

Supaya gejala maag tidak mudah kambuh, perhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap hari.

Selain nanas, Anda juga perlu mengurangi terlalu banyak makan makanan lain yang bisa memicu gejalanya. Misalnya cokelat, makanan pedas, dan makanan cepat saji.

  1. Makan yang sehat buat lambung

Makanan yang Anda makan memengaruhi jumlah asam yang dihasilkan lambung. Itu kenapa mengonsumsi makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan refluks asam lambung.

Sebenarnya tidak ada makanan yang benar-benar bisa mengobati asam lambung tinggi. Hanya saja, mengatur pola makan jadi lebih sehat setidaknya bisa menghindari risiko kekambuhannya.

  1. Atur porsi makan harian

Coba ingat-ingat kembali, bagaimana porsi makan Anda selama ini? Ternyata, jumlah porsi makanan punya andil penting terhadap kondisi lambung Anda.

Ya, makan makanan dengan porsi sedikit bisa membantu mengurangi tekanan berlebih pada lambung. Hal ini secara otomatis akan mencegah naiknya asam lambung ke atas menuju kerongkongan. (genpi/jpnn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar