Sebelum Pencoblosan, KPU Makassar Gelar Rapid Test untuk Petugas KPP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan rapid test Covid-19 terhadap 16.758 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan rapid test Covid-19 terhadap 16.758 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjelang pilkada serentak yang diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Giat ini dilakukan demi memastikan seluruh penyelenggara Pilkada termasuk KPPS yang berinteraksi langsung dengan masyarakat di TPS agar bebas dari paparan virus Corona.

Zulyadi Abbas, Penanggung Jawab SDM dan Teknis PPS Kelurahan Maccini, Kecamatan Makassar menyatakan, tahapan rapid test telah dimulai sejak awal pekan ini. Khusus untuk di Kelurahan Maccini, 84 KPPS kesemuanya sudah selesai dirapid test.

“Jadi tahapan rapid test untuk calon KPPS di Kecamatan Makassar, Kelurahan Maccini Alhamdulillah sudah selesai rapid test hari ini dan tinggal menunggu hasilnya,” jelas Zulyadi saat ditemui fajar.co.id, usai rapid test di Maccini, Kamis (19/11/2020).

Ia berharap seluruh KPPS hasilnya non reaktif sehingga selanjutnya mereka akan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek). Gelaran Bimtek dalam proses pemungutan suara sangat diperlukan khususnya bagi para ketua dan anggota KPPS.

Menurut Zulyadi, akan ada pekerjaan tambahan untuk 16.758 petugas KPPS yang akan bertugas di 2.390 TPS di Makassar. Khususnya mencegah adanya kluster baru penyebaran Covid-19 di TPS

“Jika hasilnya semua non reaktif, maka siap-siap calon KPPS dan linmas mengikuti Bimtek karena mereka wajib mengikuti, karena ada beberapa perubahan apalagi masa pandemi Covid-19. Ada tugas tambahan di TPS nantinya untuk calon KPPS dan Linmas,” jelasnya. (endra/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR