Bakat Anak Berkebutuhan Khusus yang Luput dari Sorotan

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Setiap anak tentu memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Tak terkecuali bagi mereka yang berkebutuhan khusus seperti autis.

Hanya saja, bakat-bakat yang dimiliki kurang disorot bahkan tidak diketahui publik. Padahal minat anak, khususnya anak autis bisa dimaksimalkan.

Plh Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar Rahmayani, mengatakan setiap orang sebaiknya menyadari bahwa semua orang bisa berkarya dan bermanfaat, termasuk anak autis.

“Anak luar biasa tak butuh dikasihani dan tak ingin dibedakan. Kami memang betul berbeda, tapi tak ingin dibeda-bedakan, terutama soal kelangsungan pendidikan mereka,” kata Rahmayani.

Rahmayani pun mencontohkan sejumlah nama anak-anak berkebutuhan khusus mampu berprestasi di dalam dan luar negeri.

Salah satunya, Farid Adinata Arif, anak Indonesia yang berusia 12 tahun ini terlahir autis namun bisa jadi drumer yang menguasai banyak teknik ketukan. Ia senang dan menggemari musik rock.

“Selain melatih kreativitas, seni juga bisa membangun kepercayaan diri anak,” katanya.

Kepala sekolah tersebut mengatakan talenta Farid dalam bermusik membuatnya pangling. Ia mengaku takjub dengan bakat Farid dalam bermusik.

“Saya sendiri tak percaya, dan sulit dikatakan darimana bakat itu. Kami juga bingung, mau dibilang simsalabim, yah, kenyataannya memang begitu,” ungkapnya.

Ia bercerita bahwa orangtuanya memang mendukung dan melihat talenta anaknya. Hal itu direspons baik untuk berkembang jauh dari sekarang.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR