Covid-19 Melonjak, Makassar Berpotensi Kembali ke Zona Merah

Minggu, 22 November 2020 21:22

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Status zona oranye yang disandang Kota Makassar dalam penyebaran Covid-19 kini terancam. Berpotensi kembali ke zona Merah

Hal itu dikarenakan terjadi lonjakan kasus dalam sepekan terakhir. Diduga akibat libur panjang akhir bulan lalu.

Epidemiologi Universitas Hasanuddin, Ansariadi mengatakan, jika kasus terus melonjak dalam dua pekan berturut-turut, maka Kota Makassar berpotensi kembali ke zona merah.

“Kalau ini terjadi dua pekan berturut-turut, potensi kembali ke zona merah sangat besar. Jadi harus cepat lakukan pengendalian,” ungkap Ansariadi, Minggu (22/11/2020).

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah kota (Pemkot) Makassar untuk segera melakukan tindakan pencegahan dan pencarian kasus positif di masyarakat. Sehingga penularan bisa dibendung.

“Melakukan identifikasi yang positif, untuk memisahkan dengan yang sehat. Karena hanya dengan memisahkan, baru virus itu bisa dikendalikan,” ucapnya.

Selain itu, pemkot diminta untuk meningkatkan kembali testing, semua masyarakat suspek diminta tes, memperbaiki tracking, melihat kemungkinan kluster perkantoran, satgas aktifkan kembali media center di Rujab Wali Kota untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi.

Bagikan berita ini:
3
2
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar