Sehari Disortir, Sudah Ada Puluhan Surat Suara di KPU Gowa Rusak


FAJAR.CO.ID, GOWA – Sehari pasca KPU Gowa telah menerima 545.921 lembar surat suara dari pusat, beberapa di antaranya ditemukan sudah dalam kondisi rusak.

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis, mengatakan, surat suara yang rusak di hari pertama penyortiran dan pelipatan itu sekitar puluhan lembar. Mulai dari salah potong hingga kotor.

“Ditemukan beberapa (rusak). Di antaranya posisi pemotongan kertas tidak tepat. Artinya ada beberapa bagian gambar yang terpotong. Ada juga kena noda tinta,” katanya, Minggu (22/11/2020).

Surat suara yang rusak itu pun dipisahkan dengan lembar yang layak pakai. Sementara itu, Uthe, sapaan akrab Muhtar Muis akan kembali berkoordinasi dengan KPU RI untuk meminta pengganti.

Diketahui, KPU Gowa menerima sebanyak 545.921 lembar surat suara untuk dipakai pada Pilkada 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Desember mendatang.

“545.921 lembar untuk KPU Gowa. Dua ribu lembar di antaranya untuk dipakai pada saat Pemungutan Suara Ulang (PSU),” jelasnya.

Penyortiran dan pelipatan surat suara pun melibatkan 135 petugas, yang berasal yang telah mendapat rekomendasi dari internal KPU Gowa yang dipercaya.

KPU menargetkan penyelesaian pekerjaan musiman itu selesai pada tiga hingga lima hari ke depan, sebelum akhirnya dilakukan distribusi di sejumlah wilayah di Kabupaten Gowa.

“Petugas sortir masuk kerja mulai pukul 08.00 Wita sampai 15.00 Wita. Diganti shift kedua sampai 22.00 Wita malam. Target selesai tiga hari. Maksimal lima hari,” tegasnya. (Ishak/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar