Bupati Sinjai Serahkan RAPBD 2021 ke DPRD

Senin, 23 November 2020 21:55

FAJAR.CO.ID, SINJAI, – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Bupati Andi Seto Asapa (ASA) kepada pihak Legislatif.

Ranperda APBD 2021 tersebut diserahkan setelah melalui tahapan penandatanganan Nota kesepahaman antara Pemkab dan DPRD Sinjai terhadap kebijakan umum APBD serta prioritas plafom anggaran sementara (KUA PPAS) tahun 2021 beberapa waktu yang lalu.

Penyerahan Ranperda APBD 2021 dari Pemkab Sinjai itu dilakukan dalam rapat Paripurna DPRD Sinjai dan diterima Ketua DPRD Sinjai Lukman H Arsal, Senin siang (23/11/2020)

Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal dalam pidato pengantarnya menyampaikan, prinsip penyusunan Rancangan APBD diatur dalam Permendagri nomor 64 tahun 2021, dimana harus sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kemampuan pendapatan daerah.

Kemudian, tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, tetap berpedoman pada RKPD, KUA PPAS Tepat waktu, dan sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditentukan.

Selain itu, dilakukan secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, manfaat untuk masyarakat dan taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Prinsip tersebut diatas menjadi kerangka acuan yang patut dipedomani dalam menyusun dokumen yang menjadi landasan anggaran pemerintah daerah untuk satu tahun kedepan, baik terhadap pendapatan daerah, belanja daerah maupun pembiayaan daerah”, kata Ketua DPRD Sinjai.

Bagikan:

Komentar