Masifkan Tracking, Diskes Makassar Tambah 1500 Tes Swab

Plt Kepala Diskes Kota Makassar, Agus Djaja Said

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar terus memasifkan tes swab di wilayah penyebaran virus corona (Covid-19). 1500 alat tes kini disiapkan.

Plt Kepala Diskes Makassar, Agus Djaja Said mengatakan, tindakan itu merupakan respon dari kenaikan jumlah kasus dalam seminggu terakhir. Sehingga pencegahan dengan mencari sumber virus perlu dilakukan.

Ia menambahkan, ribuan tes swab tersebut akan disebar ke 47 puskesmas. Selain itu, pihaknya juga akan menyasar kecamatan dengan jumlah kasus tinggi.

“Kita minta tambahan alat swab sebanyak 1500 dari diskes provinsi. Akan disebar lagi di 47 puskesmas. Kemudian kita akan lihat kecamatan kecamatan mana yang tinggi tingkat penyebarannya itu yang kita Swab massif di daerah itu,”ungkapnya saat ditemui di Rujab Wali Kota Makassar, Senin (23/11/2020).

“Itu juga masukan dari tim ahli tim Epidemiolog Universitas Hasanuddin, Ansariadi. Untuk bagaimana melakukan swab massal di daerah kecamatan yang tinggi tingkat penyebarannya,” katanya melanjutkan.

Agus menyampaikan, Diskes akan segera melakukan tracking secepat. Sebagai upaya tindak lanjut dari tes swab massal tahap pertama di 47 kecamatan. Mentracking pasien yang dinyatakan positif.

“Setelah kita melakukan swab kan kita lanjutkan tracking orang yang pernah kontak dengan positif,” bebernya.

Dengan begitu ia berharap, kasus di Makassar bisa kembali turun. Sehingga status zona oranye yang saat ini disandang bisa ke arah yang lebih baik lagi yaitu zona kuning akhir tahun mendatang.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR