Suku Bunga Kembali Turun ke 3,75 Persen, Ini Penjelasan BI

Senin, 23 November 2020 21:53

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sulsel Endang Kurnia Saputra

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Endang Kurnia Saputra mengatakan pihaknya kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) ke 3,75 persen.

Menurutnya hal itu dilakukan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi pasca pandemi dengan kondisi aktivitas ekonomi masyarakat yang juga ikut membaik.

“Dengan kebijakan ini orang yang ambil kredit dan investasi akan tambah banyak,” kata Endang sapaan karibnya, Senin (23/11/2020).

Ia mengaku kebijakan tersebut merujuk pada prakiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga.

“Ini juga sebagai langkah lanjutan BI untuk mempercepat pemulihan ekonomi dalam mendukung penyediaan likuiditas,” bebernya.

Endang menilai suku bunga acuan 3,75 persen dengan inflasi sekitar 1,4 persen masih terbilang rendah.

Lebih jauh, Endang menyebut, saat ini, pandemi Covid-19 di Sulsel terbilang masih dapat ditangani dengan baik. Sehingga tanda-tanda pertumbuhan ekonomi menuju lebih baik sudah mulai terlihat.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan III mulai menunjukkan tren positif. Oleh karena itu, pihaknya melihat peluang-peluang yang ada dengan harapan daya beli masyarakat meningkat dan perekonomian kembali menunjukkan perkembangan signifikan. (Anti/fajar)

Komentar