2020, 34 Bencana Alam Terjadi di Sinjai

Selasa, 24 November 2020 21:08

Kepala BPBD Sinjai, Drs Budiaman.

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai mencatat sebanyak 34 bencana alam terjadi di wilayah Bumi Panrita Kitta sebutan daerah itu selama Januari hingga 24 November 2020.

Kepala BPBD Sinjai Drs. Budiaman menyebut, mayoritas bencana tersebut merupakan bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi/alam.

“Untuk periode Januari-November masih dominan bencana hidrometeorologi dalam artian pengaruh iklim dan faktor cuaca seperti banjir, tanah longsor, hingga angin kencang. Itu tiga poin kejadian yang terjadi pada tahun 2020. Ada kasus lain yang muncul seperti orang hilang, dan tenggelam,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (24/11/2020).

Budiaman menambahkan, untuk bencana banjir yang terjadi masih dominan dalam kota. Sebab, klasifikasi banjir itu pada prinsipnya terjadi karena adanya luapan atau karena tumpahan.

“Kenapa, karena kita tahu persis kondisi wilayah geografis kita di Kabupaten Sinjai yang cendrung berbentuk cekungan yang mana disekitar kita ada beberapa daerah pebukitan yang mana air terkadang tumpah ke ibu kota pada saat pasang dan disaat pasang seperti itu otomatis akan terjadi genangan dalam kota untuk beberapa saat,” katanya.

Akan tetapi, lanjut Mantan Kabag Humas Setdakab Sinjai ini pada tahun 2020 intensitasnya menurun, demikian juga frekuensinya. Walau kata dia, curah hujan tidak berubah dari tahun sebelumnya. Bahkan sejak Oktober lalu BMKG telah merilis ancaman La Nina.

Bagikan:
2
2
2

Komentar