Kasus Covid-19 Bertambah, Hunian ICU di 4 Provinsi Sudah 70 Persen

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid–19 Doni Monardo. (dok. BNPB)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan tingkat keterisian ruang perawatan intensif (ICU) di sejumlah rumah sakit di empat provinsi mengalami peningkatan beberapa waktu terakhir. Yakni di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Sejumlah rumah sakit di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami peningkatan di atas 70 persen untuk ICU. Sedangkan Jakarta keterisian ICU mencapai 69,5 persen. Tetapi ini harus diupayakan untuk tidak bertambah lagi,” tegas Doni di Jakarta, Senin (23/11).

Dia mengatakan dalam beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus COVID-19 yang signifikan. Bahkan di DKI Jakarta, penambahan kasus mencapai 1.500 kasus per harinya.

“Beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus di sejumlah daerah. Bahkan di ibu kota negara mencapai kasus yang relatif lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dua hari lalu mencapai 1.579. Sebelumnya 1.300-an,” jelasnya.

Kepala BNPB itu mensinyalir salah satu penyebab penambahan kasus COVID-19 adalah libur panjang saat akhir Oktober 2020 lalu. Pihaknya juga mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 dari insiden kerumunan massa di Bandara Soekarno Hatta Tangerang dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Tebet dan di Megamendung Bogor, Jawa Barat pada kurun 10-14 November 2020.

“Sejumlah kasus yang ikut menambah terjadinya kasus selama libur panjang adalah kegiatan kerumunan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Terutama di wilayah Bandara Soekarno Hatta, di wilayah Kelurahan Petamburan, dan Slipi. Kemudian juga Tebet Timur, serta Megamendung,” papar mantan Danjen Kopassus ini.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR