Pastikan TPS Steril dari Covid-19, Ribuan KPPS Jalani Rapid Tes

Selasa, 24 November 2020 10:42

FAJAR.CO.ID, MAMUJU–Sebanyak 6.597 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Mamuju diwajibkan menjalani rapid tes sebelum pemungutan suara, Rabu, 9 Desember. Untuk memastikan areal TPS steril dari Covid-19 agar masyarakat tidak khawatir saat menyalurkan hak pilihnya.

“Seluruh KPPS sudah dilakukan rapid tes. Rapid test itu kita lakukan sebagai bentuk antisipasi penularan Covid-19 jelang pemungutan suara 9 Desember mendatang,” kata Komisioner KPU Ahmad Amran Nur, Selasa, 24 November.

Kata Amran, tak hanya KPPS, seluruh Linmas yang bertugas berjaga di 733 TPS di Mamuju juga menjalani rapid tes. Hasil rapid test para petugas KPPS dan Linmas itu akan menjadi syarat wajib bagi mereka untuk bertugas di TPS masing-masing.

“Biaya pelaksanaan rapid test bagi 6.597 petugas KPPS dan Linmas ditanggung sepenuhnya oleh KPU Mamuju,” kata Amran.

Sekadar diketahui Pilkada Mamuju diikuti oleh dua pasangan calon yakni petahana Habsi wahid-Irwan SP Pababari dan penantang Sutina Suhardi-Ado Mas’ud.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang menambahkan, pilkada di saat pandemi mengharuskan seluruh pihak mematuhi protokol kesehatan. Misalnya areal TPS juga harus steril dari kerumunan. Masyarakat yang akan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyalurkan hak pilihnya wajib mengenakan masker.

“Standar kesehatan itu betul-betul kami perintahkan dalam pelaksanaan pencoblosan di 9 Desember 2020,” kata Hamdan. (rul)

Bagikan berita ini:
8
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar