Ruhut Sitompul Tanya Kapolri Berikutnya, IPW Sempat Sebut Nama Ini

Selasa, 24 November 2020 11:28

Ruhut Sitompul saat menjadi tamu program Ngompol (Ngomongin Politik) di kantor redaksi JPNN.COM, Jakarta Selatan. Foto: Ricardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Anggota Komisi III DPR RI Ruhut Sitompul, tiba-tiba menyinggung soal calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri.

Dalam unggahan lewat akunnya di Twitter, Ruhut melontarkan pertanyaan mengenai siapa Kapolri berikutnya?

Diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis tak lama lagi akan memasuki masa pensiun sebagai purnawirawan Korps Bhayangkara pada Januari 2021. “Siapa Kapolri berikutnya?” tulis Ruhut pada Selasa (24/11).

Namun dalam unggahan tersebut, Ruhut tidak menyebut siapa sosok calon pengganti Jenderal Idham Azis. Ruhut yang juga politikus PDI Perjuangan hanya meminta publik untuk bersabar menunggu keputusan Presiden Jokowi.

“Mohon kita semua bersabar dan serahkan Kepada Bpk Joko Widodo Presiden RI. Mari Kita Hormati Hak Prerogatif Presiden. Jadi percayakan putusan yang Arif dan bijaksana dari Kepala Negara RI MERDEKA,” pungkas Ruhut.

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai peta bursa calon Kapolri akan berubah pascamutasi di internal Polri, Senin (16/11) lalu.

Mutasi itu telah membuat Irjen Nana Sudjana yang sebelumnya disebut-sebut sebagai salah satu calon Kapolri terpental dari jabatan Kapolda Metro Jaya.

“Setelah mutasi, peta bursa akan terlihat berubah,” ujar Neta melalui layanan pesan, Selasa (17/11).

Mantan wartawan itu menambahkan, saat ini peluang Nana menjadi calon Kapolri menipis. Kecuali bila Presiden Jokowi tiba-tiba mengatrol Nana ke jabatan untuk bintang tiga di Polri.

Komentar