Wabah COVID-19 dan Pelayanan Kedokteran Indonesia

Selasa, 24 November 2020 10:56

Taruna Ikrar

Namun dengan berkembangnya sistem pengobatan regeneratif, seperti stem cell, gene therapy dan seterusnya, penyakit-penyakit tersebut akan dapat disembuhkan dengan menggunakan sistem kultur dan transplantasi khusus.

PERKEMBANGAN PENGETHAUAN & TEKNOLOGI KEDOKTERAN

Dalam bidang ilmu pengetahuan, khususnya ilmu kedokteran juga berkembang begitu pesat. Kemajuan tersebut dapat dilihat sebagai berikut:

1. Regenerative Medicine:

Kedokteran regeneratif telah menarik perhatian komunitas ilmiah selama 50 tahun terakhir. Regenerative Medicine dapat diaplikasikan untuk meregenerasi jaringan yang rusak karena penuaan atau memperbaharui jaringan tubuh akibat cedera, bahkan dapat digunakan dalam membuat organ baru untuk kepentingan transplantasi, dan menyembuhkan penyakit genetik. Regenerative Medicine telah mengalami kemajuan spektakuler, sehingga sangat menjanjikan dan memunculkan harapan untuk memperbaiki jaringan yang rusak, dengan menggunakan mekanisme yang serupa dengan yang dilakukan tubuh secara alami oleh tubuh dalam proses renovasi alamiah sel atau organ tubuh.

Bahkan dapat memberikan solusi terhadap kekurangan organ untuk transplantasi, yang saat ini merupakan masalah serius di seluruh dunia. Terlebih lagi, semua ini akan dicapai dengan menggunakan sel-sel dari pasien itu sendiri, sehingga akan mencegah efek samping penolakan atau rejections effects.

2. Brain Digital: Dimasa depan ilmuwan neurosains akan dapat menciptakan brain digital berdasarkan informasi neurologis, yang berarti manusia memungkinkan mengunggah pikirannya ke komputer dan hidup dalam bentuk kehidupan digital.

Komentar


VIDEO TERKINI