Wabah COVID-19 dan Pelayanan Kedokteran Indonesia

Selasa, 24 November 2020 10:56

Taruna Ikrar

3. Nanotherapy: Nanotherapy merupakan teknologi terkini dalam meningkatkan keakuratan pengobatan dan kesehatan pasien serta mengurangi biaya penyediaan layanan kesehatan berbasis nanoteknologi. Beberapa start-up telah menargetkan masalah ini dengan solusi yang berbeda seperti botol pil yang bersinar biru ketika dosis obat harus diambil dan merah ketika dosis.

4. Penyakit baru: Mengenai perkembangan teknologi, selalu ada risiko untuk munculnya penyakit dan kondisi sejauh ini tidak diketahui.

5. Diagnosis real-time: Pisau bedah cerdas (iKnife) dikembangkan oleh Zoltan Takats Imperial College London dan bekerja dengan menggunakan teknologi lama di mana arus listrik memanaskan jaringan untuk membuat sayatan dengan kehilangan darah minimal.

6. Aplikasi Artificial Intelligence dalam Pelayanan Kedokteran: Artificial Intelligence adalah teknologi transformatif yang akan menyentuh hampir semua aspek kehidupan manusia, apalagi dalam kehidupan modern yang serba digital dewasa ini. Pemanfaatan teknologi AI dalam bidang kesehatan, akan berdampak pada layanan kesehatan

atau perawatan kesehatan berpotensi untuk semua bidang aplikasi klinis termasuk pecegahan dan kesembuhan pasien.

7. Gene Therapy: Terapi gen adalah teknik yang memodifikasi gen seseorang untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit melalui beberapa mekanisme yang dapat mencakup penggantian gen penyebab penyakit dengan salinan yang sehat, menonaktifkan gen penyebab penyakit yang tidak berfungsi dengan benar, atau memperkenalkan gen baru atau yang dimodifikasi gen ke dalam tubuh untuk mengobati penyakit.

Komentar


VIDEO TERKINI