Wabah COVID-19 dan Pelayanan Kedokteran Indonesia

Selasa, 24 November 2020 10:56

Taruna Ikrar

8. Advanced Medicine: Dewasa ini sedang berkembang metode pengobatan Advanced Medicine. Ini merupakan teknik pengobatan terkini, yang canggih, berkat kemajuan ilmu kedokteran modern.

Advanced Medicine, memiliki 5 pinsip pengobatan utama yaitu: a). Cells Therapy (Terapi Stem Cells), b). Growth Factors Stimulation (Pemanfaatan Growth Factor dari dalam tubuh), c). Particles Therapy (Penggunaan Particles Biologi dalam membangun struktur utama dalam tubuh), d). Nano- Therapy (Menggunakan Metode Nanotechnology dalam pengobatan), e). Gene-Therapy (Memanfaatkan technology genetik untuk menstimulasi reprogram genetik dalam tubuh).

DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI KEDOKTERAN

Kemajuan ilmu kedokteran akan berdampak pada manusia semakin sehat, semakin sejahtera, semakin Panjang umur, lebih efisien dan semakin produktif. Meningkatnya harapan hidup adalah hal yang baik. Dengan semakin panjangnya harapan hidup, tentu akan bermanifestasi peningkatan usia pensiunan. Selanjutnya tetap diharapkan para manual dan pensiunan tersebut tetap sehat dan produktif dan tidak sakit-sakitan.

Dengan menjaga kesehatan para manual dan pensiunan sehingga tetap memberikan kotribusi positif bagi masyarakat luas. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di JAMA (Journal American Medical Association): Sekitar 52% orang berusia di atas 65 menganggap hidup lebih lama berdampak sangat positif dan baik untuk masyarakat. Hasil ini hampir identik dengan 53% pada anak penduduk berusia 18-24 tahun.

Hal ini diperkuat hasil research di Skotlandia, dengan optimism mencapai 60% memberikan manfaat sosial positif pada manual umur panjang, kita berharap, kondisi Indonesia juga akan demikian adanya dimasa depan.

Komentar


VIDEO TERKINI