Wabah COVID-19 dan Pelayanan Kedokteran Indonesia

Selasa, 24 November 2020 10:56

Taruna Ikrar

STRATEGI PELAYANAN KEDOKTERAN INDONESIA MASA DEPAN

Pergeseran-pergeseran di atas membutuhkan strategi khusus bagi Indonesia dalam upaya mengayomi, melindungi dan serta memberikan pelayanan terhadap masyarakatnya dalam bidang kesehatan secara komprehensif.

Demikian pula, dalam upaya mengikuti laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa depan, dibutuhkan kiat khusus bagi pemerintah Indonesia beserta seluruh elemen masyarakatnya. Sebagai implementasi tanggung jawab bersama untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia yang maju, beradab, adil dan makmur, serta disegani dalam percaturan bangsa-bangsa di dunia Internasional.

Melihat tantangan Kesehatan yang begitu besar dimasa depan, seharusnya Indonesia menyiapkan diri untuk menghadapai masa depan yang luarbiasa tersebut.

Untuk mewujudkan Kesehatan manusia Indonesia yang paripurna, selayaknya seluruh komponen bangsa dan berbagai elemennya menyiapkan diri dengan jalan memperkuat dasar Kesehatan mulai dalam konteks individu, kelompok masyarakat, komunitas, hingga tingkat nasional bagi seluruh rakyat indonesia.

Yang secara spesifik, strategi Kesehatan seharusnya diperkuat pada tahapan promotif dan preventif, sehingga wabah dan penyakit dapat dicegah atau bahkan dikurangi masuk ketahap kuratif dan rehabilitatif. Strategi ini akan memangkas beban biaya dan anggaran negara yang selama ini sangat besar dalam tahap kuratif (berdasarkan laporan Departemen Kesehatan Indonesia 57.87% anggaran negara untuk biaya Kesehatan terkuras ke pelayanan kuratif tersebut).

Demikian pula, perlu diperhatikan secara seksama untuk menyiapkan SDM (sumber daya manusia) yang berperan dibidang Kesehatan, khususnya kemampuan mereka untuk menghadapi berbagai kemajuan ilmu pengetahuan yang sangat pesat. SDM tersebut selain dari segi kwalitas tentu saja dari segi jumlah atau kwantitas perlu dibenahi secara serius.

Komentar