Cantumkan Data di Website, BPKH Dorong Transparansi Pengelolan Dana Haji

Rabu, 25 November 2020 16:39

Anggota Dewas BPKH, Abd Hamid Paddu

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Abd Hamid Paddu mengatakan transparansi pengelolaan dana haji dapat diakses secara umum di website resmi BPKH.

Hal itu dilakukan guna menghindari hal-hal yang bisa merusak kepercayaan masyarakat khususnya calon jemaah haji terdapat BPKH.

“Semua data-data pengelolaan keuangan, termasuk keuntungan BPKH bisa diakses di website kami. Di website juga ada laporan triwulanan selalu disampaikan,” ucap Hamid Paddu.

Menurutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban secara terbuka kepada calon jemaah haji, pihaknya wajib memberikan kepercayaan dan keyakinan bahwa dana haji yang disimpan melalui Bank Syariah dijamin aman.

Selain itu, transparansi data dana haji juga dinilai mampu menepis isu-isu yang mengarah pada penggunaan dana di luar dari tupoksinya.

“Bentuk pengelolaan dana haji saat ini, begitu aman bahkan menghasilkan nilai manfaat,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan terkait tupoksi dari BPKH sendiri yakni mengelola dan membelanjakan dana haji sesuai kebutuhan jemaah haji yang akan berangkat.

“Untuk urusan uangnya di BPKH, bagaimana uangnya itu diurus dan bagaimana menghasilkan uang supaya bisa mencukupkan kebutuhan jemaah, nah tugasnya BPKH. Kewenangannya menerima, mengelola dan membelanjakan,”jelasnya.

“Tapi teknis pelaksanaan haji itu Kementerian Agama. Jadi BPKH kalau siap uangnya, Kementerian Agama juga sudah menyiapkan pesawatnya, hotelnya, makanannya, segala macam, nah tinggal BPKH bayar,” tutupnya. (Anti/fajar)

Komentar