Ekonom Prof Didik Rachbini Sebut Program Relaksasi Pajak Appi-Rahman Solusi Selamatkan Ekonomi Makassar

Rabu, 25 November 2020 14:01

Didik Rachbini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Apresiasi Program Relaksasi Pajak Appi-Rahman, Ekonom Senior Sindir Ambisi DP yang Ingin Pertahankan Pajak Demi PAD

Danny Pertahankan Pajak Normal Demi PAD, Ekonom INDEF: Mencekik Usaha Kecil

MAKASSAR- Ekonom Senior Institute for Development, Economics and Finance (INDEF) Prof Didik J Rachbini, memberikan perhatian serius pada debat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020, Selasa (24/11/2020) malam.

Utamanya pada segmen yang membahas perekonomian, Ekonom INDEF ini menyebut argumentasi program dari Paslon, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) soal relaksasi pajak patut diacungi jempol.

“Dalam situasi krisis yang diperlukan adalah relaksasi plus dimana dunia usaha khususnya UMKM tidak dibebani pajak dan pungutan yang tinggi karena kondisi perekonomian semuanya menurun. Itu dilakukan oleh Pemerintah dengan meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk sementara waktu dengan utang,” terangnya saat dihubungi, Rabu (25/11/2020).

Alasan pemberian relaksasi pajak ini lanjut Prof Didik, adalah upaya untuk mengurangi beban bagi para pelaku usaha utamanya menengah ke bawah.

Olehnya itu, menurutnya langkah tepat dilakukan Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah dengan memberikan relaksasi.

Bahkan Prof Didik terang-terangan menyebut pemimpin dalam hal ini semisal wali kota Makassar yang lebih memilih mempertahankan tarif pajak normal demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tergolong naif bahkan merugikan masyarakat.

Komentar