Jutaan Orang Sambut Habib Rizieq Shihab, Pandu Riono Bilang Belum Ada Laporan Covid-19

Rabu, 25 November 2020 08:55

Massa penjemput Habib Rizieq menyemut di Bandara Soetta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Epidemiolog FKM Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono mengatakan belum ada laporan positif Covid 19 dari jutaan orang yang menyambut Habib Rizieq (HRS) di Bandara Soetta.

Berdasarkan data yang dia miliki, belum ada laporan kasus positif Covid-19 akibat kerumunan dalam jumlah banyak yang terjadi di Petamburan, Tebet, dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

“Menurut FKM-UI dari data yang ada belum ditemukan klaster akibat kerumunan di Petamburan dan Tebet. Kenaikan kasus di Jakarta lebih mungkin terjadi akibat dampak libur panjang,” ujar Pandu Riono kepada wartawan, Selasa (24/11).

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat UI ini juga sekaligus membantah Satgas Penanganan Covid-19 yang menyebut muncul klaster penularan virus corona di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat.

Pandu menyebut tak ada klaster Petamburan meskipun terjadi kerumunan pada saat penjemputan HRS di Bandara Soetta, Maulid Nabi di Petamburan dan Tebet beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data yang dimiliki FKM-UI, kata Pandu, kenaikan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta berasal dari klaster keluarga usai libur panjang 28 Oktober-1 November lalu.

“Menurut saya enggak ada klaster Petamburan, yang positif memang banyak. Tapi enggak ada kaitannya dengan klaster kerumunan itu. Kalau klaster keluarga yang berlibur, itu ada,” kata Pandu kepada wartawan.

Pandu mengatakan lonjakan kasus di DKI justru berasal dari aktivitas libur panjang ketimbang kerumunan Habib Rizieq.

Komentar