Tekan Angka Gangguan Jiwa, Pemkab Barru Bentuk TPKJM

Rabu, 25 November 2020 14:42

Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Kesehatan melaksanakan sosialisasi kebijakan kesehatan kejiwaan dengan Pembetukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Barru dilaksanakan Aula Bappeda ,Selasa 24 November 2020.

FAJAR.CO.ID, BARRU–Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Kesehatan melaksanakan sosialisasi kebijakan kesehatan kejiwaan denganPembetukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Barru dilaksanakan Aula Bappeda ,Selasa 24 November 2020.

Kegiatan ini dibuka Asisten II Abdul Rahim mewakili PLT Bupati Barru.Dalam sambutannya mengapresiasi Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka membangun derajat kesehatan yang sedang berjalan saat ini.

Terkait hal tersebut ,PLT Inspektorat Kabupaten Barru mengatakan ,salah satu tantangan yang dihadapi sekarang adalah masyarakat Orang Dalam Ganguan Jiwa (ODGJ) atau penyakit kejiwaan masyarakat yang harus disikapi secara serius karena selain membahayakan orang diri sendiri terlebih pada orang lain.

Lanjut dirinya ,Tahun 2019 jumlah ODGJ mencapai 248 atau sekitar 59 % orang.Hal ini menggambarkan potensi yang sangat besar masyarakat mengalami ganguan kejiwaan. “Saya kira ini persoalan serius sehingga semua komponen masyarakat harus terlibat dalam penanganan masalah ini.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan H Muhammad Sukri menjelaskan, tujuan pembentukan TIM ini agar ODGJ di Barru ini dapat tertangani dengan baik.

“Mereka bisa membahayakan diri sendiri, mereka juga bisa berbuat kekacauan, mengganğgu lingkungan sosial, bahkan cenderung melakukan tindakan melanggar hukum dan mengganggu ketidak nyamanan masyarakat sehingga setelah di bentuk TIM kasus ODGJ secara tertangani baik,” terang Abdul Rahim Mantan Camat Pujananting.(rus)

Komentar