Wow! Miras Jenis Ballo Kini Diolah jadi Hand Sanitizer

Rabu, 25 November 2020 11:25

Kepolisian Resort (Polres) Takalar membuat hand sanitizer terbuat dari ballo. (ishak/fajar)

FAJAR.CO.ID, TAKALAR — Kepolisian Resort (Polres) Takalar membuat suatu terobosan baru. Pihaknya membuat hand sanitizer yang terbuat dari bahan minuman khas Sulawesi Selatan jenis Ballo, Selasa (24/11/2020).

Hand sanitizer sendiri adalah salah satu cairan antiseptik yang merupakan desinfektan dengan kandungan alkohol, juga cairan untuk mencegah dari penyebaran Covid-19.

Ballo pun menjadi suatu inovasi Kapolres Takalar, AKBP Beny Murjayanto. Menurutnya, ballo yang memiliki kadar alkohol 42 persen, dinilai dapat membunuh kuman di tangan.

“Pertama saya melihat masyarakat Takalar itu bahwa minuman ballo, banyak dimanfaatkan menjadi minuman keras sehingga saya memerintahkan untuk membuat hand sanitizer dari bahan itu. Sehingga kita buat terobosan hal yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Menurut Jebolan Akpol 1999 yang lahir di Sleman itu mengatakan, ballo yang dibuatnya dari jenis pohon lontar atau istilah masyarakat Takalar, adalah ballo Tala’ dan telah berkoordinasi dengan Kimia Farma untuk dibuat menjadi hand sanitizer.

“Untuk ballonya dari pohon Lontar. Inikan banyak di Kabupaten Takalar dan Kabupaten lainnya, lalu kita proses penyulingan dan mengandung alkohol 42 persen sehingga hasil kordinasi dengan Kimia Farma insya allah bisa dibuat Hand Sanitizer kita hanya menambahkan aroma parfum sesuai keinginan,” ungkapnya.

Menurut Kapolres, saat ini Hand Sanitizer yang dibuatnya sebanyak 200 botol dengan memakan waktu selama 3 hari lamanya.

Komentar