Gubernur Sulsel: Litbang Belum Dimanfaatkan

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menilai selama ini kekurangan yang dihadapi di sektor pertanian yakni pemanfaatan teknologi yang masih minim.

Menurutnya, inovasi Sumber Daya Manusia (SDM) masih harus digali guna melahirkan orang-orang yang mampu membidangi teknologi. Mengingat kemajuan zaman yang semakin modern.

“Ini karena teknologi belum dimanfaatkan secara maksimal. Litbang kita belum dimanfaatkan,” kata Nurdin Abdullah, Kamis (26/11/2020).

Kalau litbang ini berkembang, kata Nurdin, maka Indoneria dapat dikatakan sebagai negara mandiri pangan. “Produksi kita tidak pernah tidak laku karena ini kebutuhan. Tidak ada orang yang mampu tahan lapar,” katanya.

Selain itu, Nurdin mengaku kelemahan terbesar lainnya yang terjadi di negeri ini yakni masih kuatnya ego sektor.

“Kita memiliki segudang orang pintar di kampus. Namun sayangnya Indonesia masih ego sektor,” tegasnya.

Oleh karena itu, eks Bupati Bantaeng itu berharap Dinas Ketahanan Pangan Sulsel tidak hanya fokus terhadap sektor pertanian untuk mendukung persediaan pangan secara nasional dan internasional, namun mampu menggali potensi pangan hasil laut.

“Indonesia akan menjadi tumpuan harapan dunia dalam hal sebagai sumber dan persediaan pangan,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia menyebut sektor pertanian mampu menyelamatkan Provinsi Sulawesi Selatan dari krisis ekonomi.

“Dan khusus Sulsel, kita beberapa kali terjadi krisis ekonomi, tapi Sulsel selalu selamat dan perekonomian tidak terganggu karena kita konsen di sektor pertanian,” tutup Nurdin. (Anti/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR