Rapsel Ali Ingatkan Bank BUMN Jangan Parkir Uang

Kamis, 26 November 2020 11:26

Rapsel Ali/dok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Anggota Komisi VI DPR RI, Muhammad Rapsel Ali mengingatkan bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk tidak memarkir uang. Menurutnya, dalam situasi seperti saat ini, bank BUMN harus membantu swasta, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa bertahan.

Pernyataan Rapsel ini menanggapi pemberitaan media terkait adanya dana dalam jumlah besar yang mengendap di perbankan. Termasuk yang diklaim oleh Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso yang menyebutkan setidaknya ada Rp1.200 triliun dana yang mengendap di perbankan belum tersalurkan sebagai kredit.

Rapsel menegaskan, uang harus digerakkan agar ekonomi bisa berputar dengan baik. “Ngapain duit ditidurin. Harusnya digerakkan untuk memutar ekonomi yang lagi drop,” tegas politisi Partai NasDem tersebut, Rabu, 25 November hari ini.

Menantu Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin itu mengatakan, dalam situasi seperti sekarang ini, bank BUMN harus cerdas. “Direksi yang membiarkan duit tidur nyenyak sebaiknya dievaluasi,” katanya.

Peran perbankan dalam menggerakkan perekonomian nasional sangat besar. Pasalnya, perbankan berperan di semua aktivitas ekonomi. Makanya, mereka kata Rapsel perlu melakukan inovasi-inovasi terbaik dan berkolaborasi.

Termasuk kata Rapsel adalah memberi efesiensi dan kemudahan bagi sektor swasta, khususnya UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. “Ini juga untuk keberlangsungan industri perbankan sendiri. Karena itu, sektor swasta harusnya diberi peran maksimal untuk menggerakkan perekonomian,” ujarnya. (amr)

Bagikan:
10
5
10

Komentar