Wacana Sekolah Tatap Muka, Pemkot Makassar Mulai dari SMP

Kamis, 26 November 2020 14:47

ILUSTRASI.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana membuka kembali sekolah tatap muka secara bertahap. Dimulai dari tingkat SMP sampai TK.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengungkapkan, upaya ini untuk meminimalisir potensi penyebaran virus jika semua jenjang dibuka sekaligus. Makanya, sekolah tatap muka akan dimulai dari jenjang paling atas.

“Makanya harus bertahap. Dimulai dari kampus, SMA, SMP, SD, dan TK. jangan langsung sekaligus. bahaya,” ucap Rudy saat temui, Kamis (26/11/2020).

Selain itu, Rudy menekankan pentingnya protokol kesehatan di sekolah. Hal itu, kata dia yang bisa mencegah penyebaran virus. Jika tidak, akan ada kluster baru dan membahayakan keselamatan peserta didik.

“Kuncinya seperti yang anda lakukan ini bekerja pakai masker. kuncinya protokol kesehatan. ini anak murid kita kalau bisa kita jamin selama sekolah pakai masker, sebenarnya bisa tapi persoalannya anak kecil begitu tidak sampai pikirannya. cuma mau main dan memang itu perilaku anak-anak,” tegasnya.

Kendati demikian, pembukaan sekolah akan dikoordinasikan kembali ke Pemrov Sulsel. Selain itu, restu orang tua murid untuk melepas anaknya kembali ke sekolah masih menjadi penentu tertinggi.

“Tahun depan, iya (wacana sekolah tatap muka). intinya kita akan menunggu petunjuk atau kebijakan pemerintah pusat dan kebijakan pemerintah provinsi. Yang kedua adalah kesiapan dalam hal ini orang tua bersedia nggak, sekolah sekolah kita siap nggak,” terang Rudy.

Komentar