L-PKNM Beri Edukasi Komunitas Perempuan Pengguna Napza Makassar

Jumat, 27 November 2020 19:16

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Lembaga Korban Napza Makassar (L-PKNM) melakukan penguatan pada perempuan pengguna Napza melalui Kelas Komunitas Perempuan Pengguna Napza Makassar, Kamis (26/11/2020) di Sekretariat L-PKNM Home Based Care BALLATTA.

Pertemuan ini dilakukan guna memberikan edukasi terkait manfaat akses layanan kesehatan, penguatan dan membangun pemahaman yang komprehensif terkait konsep program pengurangan dampak buruk yang dialami akibat penggunaan narkotika.

Serta membangun pemikiran kritis dalam mengembangkan organisasi yang bertujuan untuk melakukan advokasi terkait berbagai kebijakan yang dapat menciptakan sebuah program layanan yang dibutuhkan oleh perempuan pengguna napza.

Hal ini didasari bahwa penyalahgunaan Narkotika yang menimpa seorang perempuan dapat menimbulkan efek yang lebih serius, baik itu masalah kesehatan secara klinis maupun psikologis. Berbagai riset, tercatat 70% penyalahguna narkotika pada perempuan dapat mengarah pada masalah kekerasan, fisik, seksual maupun kesehatan mental.

Fasilitator pada pertemuan ini yaitu Koordinator L-PKNM Farid Satria. Materi yang disampaikan yaitu konsep pengurangan dampak buruk (Harm Reduction) dan pentingnya berfokus pada Perempuan Pengguna Napza dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab guna mendapatkan umpan balik yang konstruktif.

“Kelas Komunitas Perempuan Pengguna Napza ini harus berkelanjutan agar komunitas perempuan pengguna napza di Kota Makassar dapat berdaya secara informasi dan mampu meningkatkan kualitas hidupnya melalui akses layanan kesehatan,” ucap Farid.

Bagikan:
10
1
10

Komentar