Lewat PKM, Dosen Unifa Bantu Warga Beto Tingkatkan Kualitas Produk Keripik Jamur Tiram

Jumat, 27 November 2020 19:44

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Universitas Fajar (Unifa) Makassar melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) terus berupaya membantu masyarakat.

Seperti yang dilakukan tim PKM yang terdiri dari beberapa dosen, Yulhaidir S.I.Kom, M.I.Kom, Kurniawan Harun Rasyid S.T, M.T, dan Faris Jumawan, ST., M.T di Desa Beto, Kabupaten Sidrap, belum lama ini.

Mereka melakukan kegiatan PKM dengan judul pengabdian ‘PKM Jamur Tiram Desa Beto Kabupaten Sidrap’. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unifa Makassar melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPP2M).

Yulhaidir mengatakan permasalah dalam produksi keripik jamur tiram adalah peralatan masih tradisional, tingkat kematangan dan kerenyahan keripik jamur tiram belum maksimal, kemasan, manajemen dan teknik pemasaran.

“Pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadi sebuah solusi dari permasalahan yang dihadapi. Mereka jadi mudah dalam mengelola bahan baku,” katanya.

Selain itu, hasil produk juga berkembang menjadi lebih tahan lama dibandingkan dengan produk sebelumnya. Dengan demikian, harga produknya juga dapat memberi keuntungan namun tidak merugikan bagi pembeli.

Meski mengadakan kegiatan di masa pandemik, tim tetap menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik. Para warga juga mampu memahami pentingnya menerapkan protokol kesehatan.(rls)

Komentar