Bongkar Muat di Jalan, Distribusi Pakan Ternak dari Kementan Diduga Diselundupkan

Sabtu, 28 November 2020 18:02

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, GOWA — Aktivitas bongkar muat pakan ternak sapi yang menggunakan tiga unit truk kontainer di Jalan Poros Gowa-Takalar, Kecamatan Bontonompo tampak sangat mencurigakan.

Truk kontainer itu membongkar puluhan karung pakan ternak ke truk rembang. Parahnya, aktivitas penyaluran bantuan itu tidak ada pengawalan dari dinas terkait.

Informasi dari pekerja bongkar muat itu, bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI yang disalurkan langsung ke tangan kepala desa yang bersangkutan, dalam hal ini, Desa Bategulung.

Kepala Desa Bategulung, Thamrin, mengatakan, jumlah pakan ternak yang dia bawa dan diduga hendak diseludupkan sebanyak 60 ton.

“Lima desa yang dapat. Sudah ditahu. Jadi orang dinas kabupaten dengan provinsi sudah tahu kalau ada program 1000 desa 1 sapi, yang tangani langsung ketua kelompok,” kata Thamrin, Sabtu (28/11/2020).

“Nanti setelah upload foto kegiatan dinas peternakan Kabupaten dan Provinsi baru tahu, bahwa ada kegiatan 1000 desa 1 sapi,” sambung dia kepada wartawan.

Karena distribusi itu tidak dikawal oleh pemerintah setempat, aparat kepolisian dari Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) Tubarani Polres Gowa langsung menuju ke lokasi.

Setibanya di lokasi, aparat kepolisian pun menginterogasi kepala desa tersebut. Namun, pihaknya masih memintai keterangannya dan menjunjung asas praduga tak bersalah.

Proses bongkar muat pun masih berjalan seperti biasa. Polres Gowa masih menyelidiki dugaan itu dan akan berkoordinasi dengan dinas terkait soal penyaluran bantuan tersebut. (ishak/fajar)

Komentar