Citra Partai Pengaruhi Elektabilitas Kandidat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Tingkat elektabilitas calon kepala daerah (cakada) dalam sebuah kontestasi politik, tak bisa dilepas dari pengaruh partai politik yang mengusungnya.

Menurut Direktur Profetik Institute, Muh Asratillah Senge, Citra Partai pengusung sedikit banyaknya akan memPengaruhi citra kandidat itu sendiri. Terlebih bila partai tersebut, misalnya tersandung sebuah kasus korupsi.

Pasalnya, kata Asratillah, kasus korupsi adalah hal yang dipandang buruk oleh masyarakat, sehingga bila ada oknum partai pengusung yang tersandung kasus tersebut, akan mengurangi rasa percaya publik pada partai yang bersangkutan.

"Dan tentunya pula ini akan berdampak negatif kepada kandidat yang diusungnya," ucapnya, Sabtu (28/11/2020).

Meski memang, sambungnya, salah satu hal yang paling penting adalah citra kandidat itu sendiri di mata publik. Karena Baik tidaknya seorang kandidat di mata publik akan memberikan suara kepadanya.

"Namun, sekali lagi. Tak bisa disangkal citra seorang kandidat itu juga diPengaruhi oleh Citra Partai yang mengusungnya pula," tandasnya.

Selain itu, kata dia, masih ada beberapa hal lainnya yang juga bisa memPengaruhi elektabilitas seorang cakada. Seperti, kinerja kandidat atau anggota timnya.

Olehnya itu, perlu upaya lebih agar benar-benar citra politik yang buruk itu, bisa diimbangi dengan faktor-faktor lainnya yang dinilai bisa berdampak positif untuk cakada itu sendiri. (sua)

  • Bagikan