Pengampunan Kalkun

Sabtu, 28 November 2020 09:02

DAHLAN-ISKAN

Saya baru sekali ikut merayakan Thanksgiving Day. Yakni ketika pertama kali ke Amerika. Atas undangan pemerintah Amerika. Salah satu acaranya: merasakan ikut hari raya di desa di New Jersey. Di salah satu rumah penduduk di desa itu. Ramai sekali.

Tentu itulah kali pertama makan daging kalkun. Sudah lupa rasanya. Mirip ayam.

Begitu banyak kalkun menjalani ”hukuman mati” untuk hari raya ini. Tapi harus ada satu kalkun yang mendapat pengampunan. Langsung dari seorang Presiden Amerika.

Maka beberapa hari sebelum hari raya, selalu ada seekor kalkun yang dikirim ke Gedung Putih. Yang memilih adalah asosiasi peternak kalkun. Biasanya yang terpilih itu kalkun jantan yang gagah dan sehat. Yang umurnya sudah 3,5 bulan. Yang beratnya sudah sekitar 7 kg.

Setiap presiden memberi nama kalkun itu. Agar dalam surat pengampunan bisa disebut siapa namanya.

Presiden Reagan memberinya nama Woody dan seterusnya. Delapan nama. Presiden Clinton pilih nama Harry dan sebangsanya. Juga delapan nama. Presiden Obama memilih nama seperti Courage, Apple, Abe, dan sebagainya. Delapan nama.

Trump hanya perlu memberi pengampunan pada 4 nama kalkun.

Tentu tidak ada masalah. Sebentar lagi Trump akan memberikan pengampunan kepada teman-teman dan keluarganya. Agar, kalau mereka punya kesalahan, tidak diperkarakan di pemerintahan setelahnya.

Komentar


VIDEO TERKINI