Rektor UNM Buka Peluang Beasiswa Bagi Warga Palestina

Sabtu, 28 November 2020 09:05

FAJAR.CO.ID, BARRU – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam berencana membuka peluang bagi warga asal Palestina dan pengungsi Timur Tengah yang ingin melanjutkan studi, khususnya di jenjang strata satu (S1). UNM berencana akan memberikan beasiswa bagi warga negara Palestina dan pengungsi Timur Tengah yang ingin melanjutkan pendidikannya.

“Kita bisa mengajak mahasiswa mancanegara untuk hadir. Kita akan siapkan tempat, termasuk biaya hidupnya. Kita bisa panggil warga negara Palestina untuk kuliah di UNM,” kata Husain dalam pembukaan Rapat Kerja Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM 2020 di Villa Seruni, Lojie, Barru, Jumat malam (27/11/2020).

Guru besar bidang pertanian itu menyebut, generasi muda Palestina dan pengungsi dari negara Timur Tengah yang terlibat konflik berkepanjangan seperti Suriah, merupakan pihak yang paling membutuhkan akses terhadap pendidikan.

“Sudah waktunya kita berpikir seperti itu, kurang apa kita dengan yang lain. Rasanya tidak bisa lagi kita mengatakan kita sulit bersaing, kenapa tidak? Dulu memang iya, karena kita belum memiliki infrastrukturnya. Sekarang kita sudah siapkan infrastrukturnya, sarana dan prasarana, IT dll. Tugas pimpinan adalah menyiapkan, kemudian menagih kepada dosen untuk memanfaatkan infrastruktur itu dengan baik,” jelasnya.

Diketahui, saat ini FMIPA UNM mencanangkan 5 program studi (prodi) untuk mendapatkan akreditasi internasional, yakni prodi Biologi, Geografi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Fisika. (nur)

Komentar