Sortir Surat Suara Pilkada Gowa Rampung, 8 Ribu Dinyatakan Rusak

Petugas memperlihatkan salah satu surat suara yang rusak

FAJAR.CO.ID, GOWA – Proses sortir dan pelipatan surat suara di KPU Gowa telah rampung. Namun tidak sedikit surat suara yang ditemukan rusak atau cacat.

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis, mengatakan, pada hari keempat proses sortir dan pelipatan selesai, total jumlah surat suara yang rusak mencapai delapan ribu lembar.

“Hari keempat (kemarin) selesai. Total rusak lebih delapan ribuan,” katanya, Sabtu (28/11/2020).

Jenis Kerusakan atau cacat itu beragam. Mulai dari gambar dan tulisan yang buram, salah potong, terlipat, bahkan ditemukan tinta hitam pada gambar salah satu pasangan calon.

Temuan itu bukan dari KPU Gowa. Melainkan dari proses percetakan yang dibuat oleh KPU RI, sebagai pelaksana Pilkada di tingkat pusat.

“Ditemukan beberapa (rusak). Di antaranya posisi pemotongan kertas tidak tepat. Artinya ada beberapa bagian gambar yang terpotong. Ada juga kena noda tinta,” jelas Muhtar.

Surat suara yang rusak itu pun dipisahkan dengan lembar yang layak pakai. Sementara itu, Uthe, sapaan akrab Muhtar Muis akan kembali berkoordinasi dengan KPU RI sebagai pengganti.

“545.921 lembar untuk KPU Gowa. Dua ribu lembar di antaranya untuk dipakai pada saat Pemungutan Suara Ulang (PSU),” jelasnya.

Diketahui, proses sortir dan pelipatan surat suara melibatkan 135 petugas, dan telah mendapat rekomendasi dari internal KPU Gowa yang dipercaya. (Ishak/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR