Akademisi UNM Edukasi Warga Pangkep Lawan Politik Uang dan Kampanye Hitam

Minggu, 29 November 2020 17:28

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM) mengedukasi masyarakat Kabupaten Pangkep untuk Pencegahan Kampanye Hitam, Kampanye Negatif dan Politik Uang.

Kegiatan tersebut dihelat di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep. Kegiatan diikuti sekitar 30 warga.

Edukasi Pencegahan Kampanye Hitam Kampanye Negatif dan Politik Uang itu adalah wujud pengabdian dosen Universitas Negeri Makassar dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua Tim Pengabdi, Hamsu Abdul Gani mengatakan, edukasi pencegahan kampanye hitam, kampanye negatif dan politik uang itu diharapkan memberikan kesadaran hukum masyarakat jelang Pilkada Serentak 2020.

“Baik itu kesadaran personal maupun kesadaran komunitas terkait bahaya praktek-praktek kampanye hitam, negatif dan politik uang yang seringkali terjadi pada saat momen pemilu maupun pilkada,” kata Hamsu, Minggu (29/11/2020).

Lebih lanjut Hamsu berpandangan masyarakat perlu diberikan pengetahuan yang lebih komprehensif, mengenai dampak yang berpotensi terjadi apabila praktek-praktek ini masih saja dilakukan oleh para elit politik.

Sementara itu Andika Wahyudi Gani selaku Anggota tim pengabdi menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan meminimalisir praktek kampanye hitam, negatif dan politik uang dikalangan masyarakat pedesaan

Ia berharap edukasi itu secara langsung dan tidak langsung dapat berimplikasi pada pelaksanaan proses pemilu dan pilkada pada suatu daerah di seluruh Indonesia.

“Yang jujur dan bersih sehingga menciptakan para pemimpin daerah yang berintegritas, transparan serta responsif,” bebernya. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI