Cegah Kematian Ibu Hamil, Diskes Makassar Programkan 1 Ibu 4 Pendonor

Minggu, 29 November 2020 21:34

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Keselamatan ibu hamil menjadi perhatian Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar. Pasalnya rentan terjadi kematian. Utamanya saat melahirkan.

Diketahui angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih cukup tinggi yaitu sebesar 30% dari setiap 1000 kelahiran. Atau sebanyak 305 ibu per 1000 orang. Sementara dari laporan Diskes per Februari 2017 total kematian ibu hamil di Indonesia sebanyak 4.340 didominasi akibat pendarahan yaitu sebesar 24%.

Ibu hamil yang mengalami pendarahan kerap lambat tertangani akibat tak adanya transfusi darah. kampanye satu ibu empat pendonor darah pun digalakkan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Agus Djaja Said mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan bersama dengan pimpinan Faskes, Bidan, dan PMI untuk mengantisipasi tingginya angka tersebut.

Sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan adalah melalui pemenuhan kebutuhan darah bagi ibu melahirkan dengan komplikasi.

“Jadi sesuai Permenkes No.92 tahun 2015 (tentang petunjuk teknis pelaksanaan program kerjasama antara puskesmas, unit tranfusi darah, rumah sakit dalam pelayanan untuk menurunkan kematian ibu), satu orang ibu hamil itu harus ada 4 orang calon donor pendamping yang siaga,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Ita Anwar mengatakan kebutuhan darah utamanya bagi ibu hamil sudah menjadi hal yang wajib disiapkan dini.

Komentar