Arahan Terbaru mendagri ke Kepala Daerah: Jangan Biarkan Rakyat Saling Membunuh

mendagri-tito-karnavian

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah untuk menegakan protokol kesehatan di daerahnya masing-masing. Terutama menyangkut protokol 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan menjaga jarak.

“Mengingatkan sekaligus memberikan arahan agar semua kepala daerah benar-benar konsisten dalam menegakan protokol kesehatan 3M dan mencegah kerumunan yang berpotensi penularan, demi keselamatan rakyat masing-masing,” kata Tito dalam keterangannya, Senin (30/11).

Tito juga meminta agar para kepala daerah untuk terus melakukan 3T yakni testing, tracing dan treatment. Serta meningkatkan sistem kesehatan, seperti tempat karantina dan rumah sakit berikut sarana-prasarananya.

Mantan Kapolri ini juga mengimbau, para kepala daerah untuk melakukan langkah proaktif guna mencegah kerumunan yang berpotensi penularan, serta menindak tegas bagi yang melanggar setelah diberikan peringatan.

“Membiarkan kerumunan yang berpotensi penularan sama saja dengan membiarkan rakyat saling membunuh. Bukan dengan senjata, tapi saling menularkan virus yang membahayakan,” imbau Tito.

Sementara itu, khusus untuk para penjabat sementara dan pelaksana tugas (Plt) kepala daerah, Tito juga meminta selama pemilihan kepala daerah (Pilkada) agar menggunakan kewenangannya untuk fokus pada pengendalian Covid-19.

“Menjaga ekonomi dan mengawal Pilkada yang aman dari gangguan konvensional dan pengendalian Covid-19 di daerah masing-masing,” pinta Tito.(jpg/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR