Lestarikan Batik, Dosen FSD UNM Beri Pelatihan ke Ibu PKK

Senin, 30 November 2020 14:42

Melestarikan batik melalui kegiatan PKM di Desa Marayoka Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto dilakukan dosen FSD UNM.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Melestarikan batik melalui kegiatan PKM di Desa Marayoka Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto dilakukan dosen FSD UNM.

Dalam rangka kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah ibu-ibu PKK dapat memahami konsep karya kerajinan batik tulis dan batik ikat celup, memahami alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan karya kerajinan batik tulis dan batik ikat celup, dapat memahami proses pembuatan karya kerajinan batik tulis dan batik ikat celup, dapat membuat karya kerajinan batik tulis dan batik ikat celup. seluruh peserta kegiatan pelatihan membatik ini sangat antusias mulai dari penyampaian teori membatik, prkatik membatik hingga akhir kegiatan ini.

Nur Ita Maryam Dg Cora salah seorang peserta kegiatan yang berasal dari PKK Dusun Batu Menteng mengatakan bahwa kegiatan semacam ini belum pernah mereka dapatkan.

Lebih lanjut Pirawati anggota PKK dari Dusun Sarroanging mengatakan bahwa kegiatan ini sangat memberi manfaat, selama ini mereka hanya sering menggunakan kain batik, namun belum pernah melihat secara langsung bagaimana cara membuat karya batik.

Dengan demikian mereka sangat bersyukur karena telah diberi ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang pembuatan karya kerajinan batik. Yang mana sebelumnya, ibu-ibu tersebut tidak pernah melihat dan praktik secara langsung bagaimana proses membuat batik ikat dan batik tulis.

Oleh sebab itu, kedua mitra sangat mengharapkan adanya tindak lanjut kegiatan pelatihan membatik, demi mempertahankan dan meningkatkan kemampuan keterampilan yang telah diperolehnya.

Komentar