Manfaatkan KUR Pertanian, SYL Dorong Petani Buat Produk Turunan

Senin, 30 November 2020 22:12

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

“Misalnya korporasi tersebut membeli rice milling unit (RMU) yang nantinya bisa dikerjakan langsung oleh petani,” ungkapnya.

Selain di sektor hulu, lanjut Sarwo Edhy, dana KUR dalam korporasi petani juga bisa digunakan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk pertaniannya.

“Bisa dengan memanfaatkan kerjasama bersama start up seperti Sayurbox dan TaniHub untuk pemasaran produknya,” tutur Sarwo Edhy.

Menurut Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian Indah Megahwati, selain sosialisasi KUR, kegiatan ini juga menyampaikan pentingnya peran teknologi menuju pertanian 4.0.

“Saya juga mengimbau kepada kepala-kepala dinas, penyuluh, kepala BPP, agar selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan bank. Jadi, ada informasi terbaru yang mereka dapat. Karena Pertanian kita itu sebenarnya sudah ada saling keterkaitan antara pembiayaan dengan teknologi,” tutur Indah.

Ditegaskannya, Kementerian Pertanian selalu mendukung kegiatan yang menyongsong era pertanian 4.0. Karena, memiliki manfaat yang luar biasa untuk para petani.

“Karena nanti kita bisa menyesuaikan dengan programnya Pak Menteri. Belum lama ini Pak Menteri juga sudah bertemu dengan salah satu Direktur Utama Perbankan. Kita juga nanti akan bekerjasama mengenai alat yang sekarang ada di Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian agar dimaksimalkan,” tutur Indah.

Menurutnya, Kementan juga akan terus mengadakan kegiatan seperti ini. Tujuannya agar petani semakin paham manfaat KUR.

Bagikan berita ini:
1
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar